4 Tips Simpel Tapi Jitu Agar Anti Stres selama WFH

Bekerja dari rumah memiliki kekurangan dan kelebihan tapi rentang dilanda stres

Tips Simpel Tapi Jitu Agar Anti Stres Selama WFH

WFH (Work From Home) adalah kondisi yang mengharuskan Anda bekerja dari rumah karena berbagai alasan yang mendesak. Dengan adanya WFH, Anda tidak perlu menerjang kemacetan jalan pagi-pagi. Dengan adanya WFH, Anda bisa menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga. Namun, kondisi ini juga bisa menimbulkan kejenuhan hingga stres. Bagi yang tengah mengalami, coba praktekkan tips anti stres selama WFH.

Tips Anti Stres selama WFH yang Mudah Dilakukan

  1. Buat Jadwal

Suasana WFH memang tidak seketat saat bekerja di kantor. Oleh sebab itu, Anda harus membuat jadwal kerja sendiri agar tidak kacau. Pertama, tuliskan apa saja tugas yang harus selesai hari itu, kemudian alokasikan waktu untuk menuntaskan setiap tugas. Ketiga, tetapkan jam makan camilan karena bisa membantu meningkatkan mood di tengah tumpukan tugas.

Selanjutnya, tetapkan jam istirahat yang lebih lama untuk makan siang dan melakukan hal lain. Misalnya dimulai dari pukul 12.00 siang hingga 13.30 siang. Terakhir, perkirakan kapan Anda harus mengakhiri pekerjaan dan diniatkan untuk lembur. Keuntungan mengatur jadwal sendiri adalah Anda bisa lebih fleksibel untuk menggantinya sesuai dengan kondisi atau banyaknya pekerjaan.

  1. Miliki Ruang Kerja Khusus

Stres selama WFH mungkin disebabkan oleh kondisi rumah yang masih berantakan atau suasana yang terlalu berisik. Solusinya, Anda harus membuat ruang kerja khusus agar bisa menyepi selama jam kerja. Bagi yang sudah memiliki anak, sebaiknya pilih ruangan yang jauh dari jangkauan mereka, misalnya ruangan lantai 2 atau ruangan di bagian belakang rumah.

Setelah memilih ruangan, Anda bisa mengaturnya sesuai dengan selera masing-masing. Apabila menyukai ruang kerja yang minimalis, maka pindahkan dahulu perabotan yang tidak berguna. Bagi yang menyukai ruang kerja tampak lebih hidup, maka masukkan beberapa hiasan seperti pot tanaman kecil, lukisan favorit, atau bahkan radio sebagai ‘teman’ selama bekerja.

  1. Berbincang dengan Anggota Keluarga

Selama WFH, jangan terpaku 100% pada pekerjaan saja. Justru hal tersebut akan membuat Anda semakin stres. Manfaatkanlah waktu istirahat dengan bercengkrama bersama anak-anak dan berbincang dengan anggota keluarga lain. Jarang-jarang Anda menghabiskan waktu lama dengan mereka, bukan? Mereka adalah support system terbaik yang Anda miliki.

Selain itu, mengobrol dengan mereka tentang berbagai topik menyenangkan juga akan membuat pikiran lebih terbuka dan segar. Alhasil, tidak hanya pekerjaan saja yang ada di kepala Anda. Apabila Anda kehabisan ide saat bekerja, misalnya, Anda pun dapat mencoba curhat dengan mereka untuk sekadar meringankan beban mental. Siapa tahu mereka bisa sekaligus menyumbang ide, bukan?

  1. Lakukan Evaluasi

Walaupun lebih fleksibel, namun bagi beberapa orang termasuk Anda WFH membuat mereka tidak bisa ‘berfungsi’ dengan maksimal. Anda mungkin rindu suasana kerja yang seperti biasa dan bertemu rekan-rekan di kantor. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan evaluasi atas sistem WFH yang dijalani sejauh ini. Cobalah lakukan perubahan untuk mengadaptasi suasana kantor dengan lebih baik.

Selain itu, masukkan dalam agenda baru untuk melakukan video call dengan rekan kerja di saat sama-sama senggang atau di saat Anda menemui kesulitan dalam tugas tertentu. Evaluasi semacam ini akan membuat target kerja lebih banyak yang tercapai karena Anda mampu melakukan self-regulation sesuai apa yang dibutuhkan.

Stres selama WFH atau kerja dari rumah merupakan kondisi mental yang bisa dianggap ‘wajar’ namun tidak boleh dibiarkan. Anda harus menganggapnya sebagai sebuah tantangan yang harus ditaklukan dengan solusi yang tepat seperti membuat jadwal harian yang disesuaikan dengan target kerja, ‘menyulap’ sebuah ruangan menjadi kantor pribadi, berkomunikasi dengan keluarga, dan makan dengan teratur.

Temukan loker terbaru di LokerSemar.ID

X
X
X
X