Tips Mencari Kerja yang Efektif buat Kamu Fresh Graduate

Buat kamu para pelamar kerja yang berstatus fresh graduate, ada beberapa tips dalam mencari lowongan kerja yang efektif supaya kamu tidak lama menganggur.

Tips Mencari Pekerjaan

Tips Mencari Pekerjaan – Buat kamu para fresh graduate yang baru saja menyelesaikan studi, tentu kamu akan mulai merambah ke dunia pekerjaan. Apalagi, bagi kamu yang memang sudah lama punya cita-cita ingin diterima di pekerjaan impian.

Namun, terkadang di tengah banyaknya lowongan kerja yang ada, belum tentu semua cocok dan sesuai dengan minat kamu. Bahkan, jikalau ada yang sudah cocok, belum bisa dipastikan kamu diterima kerja di situ.

Di sini, di saat-saat menunggu panggilan seperti itu, tentu saja menjadi waktu yang sia-sia saja jika hanya sekedar duduk manis atau menganggur.

Maka dari itu, untuk kamu yang baru saja lulus kuliah maupun lulus sekolah, perlu memahami tips mencari pekerjaan yang efektif dan efisien tanpa perlu membuang waktmumu.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh apa saja itu, berikut akan dijelaskan tips jitu dalam mencari kerja yang tepat tanpa menyia-nyiakan waktumu.

Tips Cari Kerja yang Efektif untuk Para Fresh Graduate

Sebagai seorang yang baru lulus di bidang studi akademis, tentu belum banyak mengenyam pengalaman di dunia kerja. Sehingga, harus pontang panting sana sini melamar di setiap perusahaan agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Untuk itu, berikut tips yang tepat untuk kamu lakukan agar tidak pontang panting sana sini dan tak banyak membuang-buang waktumu.

1 . Cari Pekerjaan yang Sesuai Minat

Satu hal yang harus kamu lakukan dalam memfilter setiap pekerjaan adalah mencari lowongan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Paling tidak, lowongan tersebut tidak terlalu jauh dengan passion yang kamu kuasai. Sehingga, ke depannya jika ada wacancara maka kamu bisa menggunakan pengalaman berdasarkan hobi kamu tersebut sebagai alasan utama kenapa kamu memilih lowongan tersebut.

Dengan demikian maka kesempatan untuk diterima dan dipertimbangkan oleh perusahaan menjadi lebih besar.

2. Selalu Asah Soft Skill

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam dunia pekerjaan tertentu, cukup sering bahwa soft skill bakal jauh lebih diperhitungkan jika dibandingkan hard skill.

Maka dari itu, dalam soal ini, ada baiknya kemampuan soft skill ini harus dimiliki oleh setiap pelamar. Dimana, skill yang berkaitan erat dengan kemampuan komunikasi atau interpersonal yang baik, kecerdasan sosial serta kontrol secara emosional.

Skill seperti ini di dunia kerja modern seperti saat ini sangat dipertimbangkan sekali. Bukan tanpa alasan mengingat soft skill seperti ini dinilai menjadi tolak ukur seseorang dalam bekerja sama dalam tim sehingga mudah dalam mencapai goal perusahaan.

3. Gunakan Situs Loker Online

Selain itu, dalam tips mencari kerja yang efektif, sebaiknya kamu rajin memantau beberapa situs penyedia informasi lowongan pekerjaan.

Karena, di era modern seperti saat ini, banyak sekali perusahaan yang justru memasang lowongan di situs-situs loker.

Maka dari itu, kamu harus meningkatkan intensitasmu dalam memantau perkembangan info lowongan terbaru melalui situs online.

4. Pilih Situs Lowongan Kerja yang Terpercaya

Di sisi lain, ketika kamu memutuskan untuk sepenuhnya mencari loker di internet, kamu harus benar-benar memastikan bahwa iklan lowongan tersebut benar adanya.

Maka dari itu, untuk memudahkan kepastian itu, kamu harus memilih situs penyedia info lowongan kerja yang terpercaya sekaligus menawarkan link untuk melakukan pelamaran jika kamu berminat.

Cara ini tentu menjadi sangat efektif tanpa perlu banyak membuat atau menulis surat lamaran pekerjaan. Karena, hanya dengan mengirim salinan surat lamaran pekerjaan beserta syarat-syarat lain via email, kamu akan lebih banyak menghemat biaya dan juga waktu.

Nah, salah satu situs yang menawarkan kemudahan info pekerjaan adalah LokerSemar.id yang memberikan informasi terbaru seputar lowongan kerja Semarang.

X
X
X
X